Tip membeli mobil bekas

*JANGAN PERNAH MAU UNTUK MELIHAT MOBIL DI SUATU TEMPAT YANG DITENTUKAN PENJUAL (misalnya ketemuan di tengah2). SELALU HANYA LIHAT MOBIL DI LOKASI KEDIAMAN PENJUAL atau SHOWROOM. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko bahwa mobil itu dulunya ada track record yang buruk, atau bahkan mobil curian atau alat kejahatan, dsb. Kalau penjual bersikeras untuk ketemu di suatu tempat, mending langsung say good bye aja & ga perlu buang2 waktu. Lagipula ga ada salahnya berkorban a few Quids untuk jauh2 liat mobil ke alamat, daripada di kemudian hari menyesal.

*Sebelum pembicaraan berlanjut, terlebih dahulu cek keabsahan mobil tersebut. Cek STNK, BPKB, faktur (kalo mobil CBU), akta jual beli (kalo mobil lokal / CKD), TNKB. Semuanya harus asli, tanpa terkecuali.

*Cek data2 yang terdapat di surat2 di atas, sama yang tertera di mobil, misalnya No rangka & no mesin pada STNK & BPKB harus sesuai satu sama lainnya, juga harus sesuai dengan yang tertera di mobil.

*Kalo ada kecurigaan mengenai keabsahan no rangka atau no mesin, segera tinggalkan mobil itu… ingat, intuisi selalu benar… ciri2nya bisa diperhatiin : no rangka yang “buatan” atau “tambalan” pasti kalo diraba sekelilingnya ada semacam “bekas las2an”, walaupun udah dicat lagi tapi tetep aja ada perbedaan kontiur permukaanya. No rangka yang asli akan sejajar sama sekelilingnya.

*Cek kondisi identitas mobil sesuai dengan yang tertera di halaman 1 BPKB. abpabila diketahui ada perbedaan identitas tanppa ada keterangan di BPKB (misalnya warna asli item berubah jadi silver, aslinya 4 pintu jadi 2 pintu, dll), ga usah buang2 waktu & segera tinggalkan tempat itu.

INGAT, keabsahan administrasi & legalitas sebuah mobil adalah yang paling penting. Ada pelanggaran satu pun, segera tinggalkan mobil itu. Mau si penjual mengutarakan alasan apapun, ga usah didengerin.

*Bagian bodi & chassis mobil. Liat dengan seksama apakah ada karat di bagian chassis… cara paling gampang untuk deteksi karat adalah liat di bagian lis kaca depan-samping-belakang, di bawah bagasi (tempat ban serep) dan di kolong mobil.  Kalo ada karat berarti bisa dipastikan pemilik sebelumnya jorok, dan atau mobil itu pernah kena benturan yang membuka lapisan logam & merusak lapisan anti karat, yang akan rentan berkarat.

*Usahakan mencari mobil dengan bodi yang utuh & orisinil, tanpa modifikasi apapun, dan pehatiin “nut” (lekukan) bodi harus masih lurus. Usahakan pula mencari mobil yang cat nya masih orisinil, karena sejujurnya, lebih baik beli mobil yang cat nya udah usang atau kusam tapi omasih orisinil, ketimbang cat nya mengkilap tapi sudah repaint. karena kalo untuk repaint, kita harus tau dengan mata kepala kita sendiri bagaimana hasil kerjanya.

*Oke lah kalo masih bersikukuh dengan cat repaint. Fine, nothing wrong with that. Tapi pastikan warna setelah repaint sama persis atau similar dengan warna aslinya. Hal ini akan berkaitan dengan keabsahan STNK. Jangan pernah ambil mobil yang warna asli & warna repaint nya beda tanpa ada keterangan di BPKB.

*Mesin, usahakan kondisi mesin masih prima, keempat silinder masih bekerja dengan baik dengan pressure yang sama (diukur pake pressure gauge lewat lobang busi). Pengapian (koil & kabel busi) dalam kondisi baik. Cek juga kebocoran yang ada apabila ruang mesin keliatan “basah” oli. Kebocoran di ruang mesin biasanya disebabkan :
1. gasket (paking) antara silinder sama kepala silinder, karena di sambungan ini ada jalur oli dari crankshaft di crankcase untuk disirkulasiin melalui klep kembali lagi ke crankcase. Kalo ini ada kebcoran, berarti harus turun mesin 1/2 untuk ganti gasket cylinder + gasket head + seal klep.
2. gearbox. kebocoran gearbox harus diliat dengan cara ngolong, yaitu liat di bagian antara sambungan gearbox sama rumah kopling. kebocoran biasanya terjadi karena gearbox gasket yang udah jelek, karena selama ini males ganti oli transmisi manual (untuk mobil M/T), jadi gearbox menahan panas & getaran hanya dilindungi oleh oli yang tua & udah jelek.
3. pompa & selang power steering. pompa power steering jarang bocor (kecuali kalo pemilik sebelumnya kebangetan sampe oli power steering nya kering). Yang paling sering menyebabkan kebocoran adalah selang power steering yang ada 2 jenis : hi-pressure & low-pressure. kalo bocor, ya harus ganti selang power steering.
4. master rem. kalo yang ini biasanya disebabkan karena seal master rem ya udah getas & jelek, sehingga udah ga kuat nahan tekanan hidraulik dari minyak rem. Kalo udah begini, solusi yang paling bijaksana adalah ganti master rem, daripada cuma diakalin ganti seal malah ga maksimal… inget ini rem, menyangkut nyawa… mendingan mobil ga bisa jalan daripada ga bisa ngerem..

*Transmisi, untuk transmisi manual, pastiin kopling masih bekerja dengan baik. caranya adalah masukin gigi 1 pada kondisi diam, lalu injek rem dalem, sambil dilepas koplingnya… kalo mobil perlahan2 mati sembari ada gaya tolak mobil ke depan, berarti kopling masih berfungsi dengan baik. permasalahan palingan pada kampas kopling + matahari yang udah mulai abis, so it should be a general replacement. FYI, umur kopling bisa sampe 50-60rb km. Cek juga bushing transmission lever… pas gearshift lever ada di posisi netral, gerak-gerakin ke kiri & ke kanan. seharusnya ga boleh ada gerakan oglak-oglek. Kalo oglak-oglek, berarti bushing transmisinya udah jelek.

Untuk transmisi matic, awalnya tanya dulu sama pemiliknya, setiap berapa km dia ganti oli matic, dan setiap berapa km dia kuras oli matic, dan pake ATF apa??? kalo si penjual keliatan bingung jawabnya, atau keliatan ga ngerti interval yang baik, segera tinggalin tempat itu karena anda cuma akan dapat masalah di transmisi matic nya. Kunci dari gimana transmisi matic bisa awet adalah kesadaran dari pemilik atas pentingnya ATF. FYI, interval penggantian oli ATF adalah 10-15rb km, dan untuk kuras oli matic sekitar 20rb km.

*Wiring & kelistrikan. Usahakan hanya cari mobil yang wiring & kelistrikannya masih standar & ga pernah dimodifikasi dengan cara apapaun. Karena kalo udah bermasalah, akan setengah mati nyari sumber failure nya, harus ngurut kabel, dan beresiko jadi pemicu korsleting & keabakaran pada kabel yang terkelupas atau kebuka sambungannya.

*Kaki-kaki & suspensi. pertama cek shockbreaker. shock yang udah jelek pasti ada semacam leleran oli, itu tandanya shock udah bocor. gejalanya adalah mobil jadi lebih rendah dan jadi ajrut2an pas dibawa. yang kedua, pas test ngebut, coba direm. kalo pedal rem + setir jadi bergetar, berarti piringan cakram rem depan bergelombang & ga rata, biasanya disebabkan karena kampas rem yang udah tipis masih dipaksa untuk ngerem, akibatnya justru menggerus permukaan cakram.

sebetulnya ada cara yang lebih gampang untuk cek kaki2. mobil yang kaki2nya masih bagus, tingkat keausan ban di keempat rodanya pasti similar. karena itu, hindari ambil mobil yang ban nya lain2 merek antara depan-belakang-kiri-kanan, karena itu jadi indikator bahwa ada yang ga beres dengan kaki2nya. SELALU hanya ambil mobil yang keempat bannya sama persis, baik dari merek, ukuran, tingkat keausan, kode produksi, dll.

Okay, I don’t know shits about cars, nothing about engines, nothing about gearbox, and so. What should I do to avoid dodgy-crappy car??? Kalo kondisinya gini, spare lah sekitar 100rb sampe 200rb untuk bawa mobil itu ke BeRes Hyundai, bilang : “mas minta general check soalnya ini mobil second, sama sekalian cek apa aja yang udah harus ganti atau ada kerusakan apa.” Ingat, penjual yang baik ga akan keberatan diajak ke BeRes untuk inspeksi mobilnya.. penjual yang enggan atau keliatan keberatan, boleh dicurigain nyembunyiin sesuatu.

Posted in Tip. 4 Comments »

4 Responses to “Tip membeli mobil bekas”

  1. chemistryofray Says:

    wow!!keren banget artikelnya
    gue yang ngga punya background mesin bisa ngerti dengan baca artikel ini, apalagi lagi nanganin kasus yang berhubungan dengan otomotif
    terima kasih ya ::beer::

  2. bapakeanake Says:

    mantaaabb
    tks berat

  3. didik Says:

    sip.keren banget

  4. PAMUNGKAS Says:

    Good ingo bro…btw zda ngga yah kelompok atau groupfans escudosidekick sy pengin jd anggota bila ada dan share apapun mengenai maitenance maupun everything ttg mbl ini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: