Mengatasi Accu tidak berfungsi atau lemah

Kadang terjadi dimana mobil kita gak bisa hidup karena akinya sudah tidak kuat. Seperti saat kita tinggal berpergian beberapa hari (4-7hari). Seolah2 kemampuan aki kita menguap beriring dengan waktu.

Nah disaat-saat seperti ini kita dapat menghidupkan kendaraan dengan dua cara :

1. Dengan Mendorong Mobil

2. Dengan Jumper aki

Mendorong Mobil

Cara dengan mendorong mobil dapat dilakukan jika terdapat space yang cukup,tenaga manusia yang cukup dan juga jika mobil anda bertransmisi manual.

Caranya dengan satu orang di posisi kemudi kemudian 2 orang atau lebih di belakang mendorong kendaraan. Orang pada posisi kemudi memposisikan kunci kontak pada posisi on,posisi transmisi masuk gigi 2 atau 3 dan pedal kopling diinjak full, Ketika kendaraan sudah mulai terdorong dan memiliki sedikit percepatan maka pengemudi melepaskan pedal kopling ..sehingga mobil menyala dan dibantu dengan Gas agar tidak mati. Biarkan mesin menyala hingga 10-20 menit. Apabila Sistem pengisian atau charging system anda baik maka setelah dipanaskan 10-20 menit itu aki sudah cukup untuk dapat starter. Namun jika ada masalah pada dinamo starter atau pada sistem charging maka tetap tidak akan dapat di starter.

Jumper Aki

Cara lain yang dapat dilakukan dan jauh lebih baik adalah dengan melakukan jumper aki. Apalagi mobil anda matic anda wajib memiliki cadangan kabel jumper di mobil anda.

jumper cable

Cara menjumper aki sangat mudah namun juga di sisi lain sangat berbahaya. Apabila dilakukan dengan metoda yang salah dapat merusak sistem kelistrikan mobil seperti charging sistem, ECU, dan Ignition.

Oleh karena itu kami jelaskan cara menjumper aki yang benar disini :

jumper aki

Jangan pernah menggabungkan kabel kepala atau terminal kabel jumper yang berbeda warna satu sama lain. Karena dapat menimbulkan arus pendek dan sangat panas

Langkah-langkah menjumper aki :

1. Hubungkan capit merah pada kutub positif (+)aki lemah

2. Hubungkan capit merah satu lagi pada kutub positif (+) aki bagus

3. hubungkan capit hitam pada kutub negatif (-) aki bagus.

4. Hubungkan capit hitam satu lagi pada body atau chasis atau plat di mesin yang memang disediakan oleh manufacturer untuk menjumper aki. Sebaiknya hindarkan menjepit langsung pada kutub negatif (-) aki rusak, untuk menghindari bahaya kebakaran yang mungkin timbul akibat perickan bunga api. Sebab gas yang dihasilkan oleh aki mudah terbakar.

5. Jika aki yang bagus juga menempel pada kendaraan, hidupkan kendaran tersebut.

6. Sekarang mobil dengan aki yang soak dapat dihidupkan. Apabila tidak ada masalah pada kabel dan dinamo starternya seharusnya mobil akan hidup. Jika terjadi percikan bunga api goyang-goyang capit kabel jumpernya agar menempel sempurna.

catatan: Jika mesin mobil mati seketika kabel jumper di cabut, kemungkinan ada kegagalan pada sistem charging mobil anda.

Sumber: http://www.tangomotor.com

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: