Kiat Mengendarai Mobil Matic

Banyak orang yang merasa mahir dalam menggunakan transmisi otomatis padahal dasar-dasar penggunaan transmisi ini belum 100% ia pahami, sehingga ia tidak mau bertanya lagi kepada orang sekitar yang sudah mengerti agar ia tidak dikira orang yang belum mengerti tentang transmisi otomatis. Pada dasarnya penggunaan transmisi otomatis hampir sama dengan transmisi manual. Yang membedakannya ialah kehadiran kopling pada transmisi manual. Cara-cara aman sebelum menjalankan mobil ber-transmisi otomatis sebagai berikut:

1. Sebelum memutar kunci kontak pastikan tuas transmisi berada pada posisi “P” (Tetapi biasanya transmisi otomatis modern memiliki teknologi yaitu, kunci kontak tidak dapat di cabut kalau tuas belum berada di posisi P).
2. Putar kunci kontak pada posisi “ON” sebelum di putar lagi hingga posisi “Start” biasanya mobil-mobil modern memiliki ECU (Electronic Control Unit) atau biasa disebut otak komputer pada mobil. Tugas ECU ini sebelum mobil menyala adalah menyiapkan perangkat-perangkat pada mesin mobil seperti ABS, Radiator, AirBag dll melalui lampu indokator yang terdapat pada dashboard mobil. Setelah lampu indikator padam (tunggu beberapa detik) baru anda dapat memutar kunci kontak ke posisi “Start” sampai mesin mobil hidup.
3. Setelah mesin mobil menyala dan anda akan berangkat pastikan anda menginjak pedal rem hingga penuh setelah itu baru anda geser tuas ke posisi “R” untuk mundur atau “D” untuk maju. Hal ini harus dilakukan agar tuas dapat digeser (standard keamanan dari pabrik).
4. Setelah digeser keposisi “D” atau “R” lepas pedal rem dari injakan kaki anda. Setelah anda lepas pedal rem selanjutnya anda nonaktifkan parking brake.
5. Setelah mobil berjalan pada posisi “D” perhatikan lampu indiaktor yang bertuliskan O/D (ada beberapa mobil yang mengaplikasikan teknologi ini ada pula yang tidak.
6. Bila dalam perjalanan anda menemui halangan yang membuat anda berhenti cukup lama (Seperti lampu merah) usahakan menggeser tuas ke posisi “N”. Hal ini dilakukan untuk menghemat kopling dan BBM.
7. Pada mobil Daihatsu Terios terdapat huruf “L/1″ posisi itu gunanya untuk melahap jalanan menanjak. Ibaratnya bila pada transmisi manual ini disebut gigi 1.
8. Sebelum membawa mobil ke jalan raya, pastikan anda dapat memperkirakan luaran tenaga sesuai injak pedal gas agar mobil dapat dikendalikan dengan aman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: