Jenis-jenis Bensin

index

 

 

 

 

 

Pertamax tidak selalu menjadi hal yang baik untuk kendaraan anda sob??? Dengerkan iklan-iklan pertamax yang memberikan kelebihan ketimbang premium. Hingga dengan menyisipkan testimoni-testimoni orang-orang yang menggunakan pertamax dan telah merasakan manfaatnya. Tetapi apakah ini semua hal yang baik untuk kendaraan anda??? Mungkin artikel dibawah ini bisa membantu anda menjawab pertanyaan anda semua.

Apa Beda Bensin Premium, Pertamax dan Pertamax Plus ??

Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. Pada umumnya, Premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti: mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain.

Premium
1. Menggunakan tambahan pewarna dye
2. Mempunyai Nilai Oktan 88
3. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak

Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Pertamax
1. Ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal.
2. Untuk kendaraan yang menggunakan electronic fuel injection dan catalyc converters.
3. Menpunyai Nilai Oktan 92
4. Bebas timbal
5. Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya
6. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain

Pertamax Plus adalah bahan bakar minyak produksi Pertamina. Pertamax Plus, seperti halnya Pertamax dan Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi, dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax Plus merupakan bahan bakar yang sudah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax Plus adalah bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi minimal 10,5, serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.

Pertamax Plus
1. Telah memenuhi standart WWFC
2. BBM ini ditujukan untuk kendaraan yang bertehnologi tinggi dan ramah lingkungan
3. Menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers dan catalytic converters.
4. Tidak menggunakan timbal, alias tanpa timbal.
5. Mempunyai Nilai Oktan 95
6. Toluene sebagai peningkat oktannya
7. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain

Penjelasan Rasio Kompresi disini gan :

http://danangdk.blog.uns.ac.id/2010/04/20/rasio-kompresi-mesin-apakah-itu/
Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax plus yang merupakan produk Pertamina,
dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas.

Mesin motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan Pertamax Plus ber-oktan 95.

Tujuan mesin dibuat dengan perbandingan kompresi tinggi adalah untuk meningkatkan efisiensi (irit bahan bakar) dan menurunkan kadar emisi.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga.

Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi (kecuali ada modifikasi lain). Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi). Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Berikut daftar bahan bakar motor dan mobil sesuai rasio kompresi :

YAMAHA
Vega-R (9.3:1) Pertamax
Vega-ZR (9.3:1) Pertamax
Mio (8.8:1) Premium
Jupiter (9.0:1) Premium
F1ZR (7.1:1) Premium
RX-KING (6.9:1) Premium
YT 115 (7.2:1) Premium
RZR (7:01) Premium
Nouvo (8.8:1) Premium
Crypton (9.0 : 1) Premium
Yamaha Alfa (7.2 : 1) Premium
Yamaha RXZ (7.0 : 1) Premium

Jupiter-Z (9.3:1) Pertamax
Jupiter MX-135LC (10.9:1) Pertamax Plus
Scorpio-Z (9.5:1) Pertamax
VIXION (10.4:1) Pertamax/pertamax plus
Majesty 125 (11:01) Pertamax Plus
Scorpio (9.5:1) Pertamax

SUZUKI
Satria FU (10.2:1) Pertamax/pertamax plus
Shogun New FL125 Series (9.6 : 1) Pertamax
Shogun FD125 X (9,5 : 1) Pertamax
Thunder 125 (9.2 : 1) Premium/Pertamax
Spin 125 (9.6:1) Pertamax
SkyWave 125 (9.6 :1) Pertamax

KAWASAKI
Kawasaki Blitz R 53 mm x 50.6mm 111 cc 9.3 : 1 (Pertamax)
Kawasaki Athlete 56 mm x 50.6mm 124.6 cc 9.8 : 1 (Pertamax)
Kawasaki Ninja 250 62 mm x 41.2mm 2x 250 cc 11.5 : 1 (Pertamax Plus)
Kawasaki KLX 250 72 mm x 61,2mm 249cc 11 : 1 (Pertamax Plus)
Kawasaki Ninja RR 150 7.2 : 1 (Premium)
Kawasaki Kaze 9.3 : 1 (Pertamax)

HONDA
Honda GL 100 52 x 49.5mm 105.1 cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda GL Max 56.5 x 49.5mm 124.1 cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda GL Pro 61.0 x 49.5mm 144.7cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda Supra 50.0 x 49.5mm 97.1 cc 8.8 : 1 (Premium)
Honda Tiger 63.5 x 62.2 mm 196.9cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda Megapro 63,5 x 49,5 mm 156.7cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda CS-1 58 x 47,2 mm 124.7 cc 10.7 : 1 (Pertamax Plus)
Honda Supra PGM FI 52,4 x 57,9 mm 124.8cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda Blade 50 x 55,6 mm 109.1 cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda Vario 10, 7:1 (Pertamax Plus)
Honda CBR 150 R 11:1 ( Pertamax Plus)
Honda Beat 125 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda Scoopy 108 cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda Absolute Revo 110 cc 9 : 1 (Premium)

Mobil :

Suzuki
Swift 9,5:1 Pertamax
Grand Vitara 10,5:1 Pertamax Plus
Grand Escudo XL-7 9,5:1 Pertamax
Escudo 2.0 9,3:1 Premium/Pertamax
Escudo 1.6 9,5:1 Pertamax
Baleno 9,5:1 Pertamax
Aerio 9,5:1 Pertamax
APV 9,0:1 Premium/Pertamax
Karimun 8,8:1 Premium
Katana 8,8:1 Premium
Carry 1.5 8,9:1 Premium
Carry 1.0 8,9:1 Premium
Carry 1.3 9,0:1 Premium
Esteem 1.6 GT 9,5:1 Pertamax
Side Kick 8,9:1 Premium
SX-4 10,5:1 Pertamax Plus

Honda
Jazz I-Dsi 10,4:1 Pertamax/Pertamax Plus
Jazz V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus
City I-DSi 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
City V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus
Stream 1.7 9,5:1 Pertamax
Stream 2.0 9,4:1 Pertamax

Toyota
Starlet XL 1.000 cc 9,3:1 Premium/Pertamax
Starlet SE 1.3 9,5:1 Pertamax
Twin Cam 9,5:1 Pertamax
Great Corolla 9,5:1 Pertamax
Avanza 11:1 Pertamax Plus
Yaris 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Innova 2.0 9,8:1 Pertamax
Innova 2.7 9,7:1 Pertamax
Rush 10:1 Pertamax/Plus
Alphard 2400 cc 9.8 : 1 Pertamax
Alphard 3500 cc 10.8 : 1 Pertamax Plus

Nissan
X-Trail 2.0 9,9:1 Pertamax
Terano 8,3:1 Premium
Livina 1.5L 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Livina 1.8L 9,9:1 Pertamax
Sentra Genesis 9,3:1 Pertamax
Cefiro 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus

Daihatsu
Xenia EJ (vvti) 11:1 Pertamax Plus
Terios 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus
Taruna EFI 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Sirion 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus
Ceria 9,5:1 Pertamax

Mitsubishi
Eterna DOHC 9,8:1 Pertamax
Eterna SOHC 8,5:1 Premium
Lancer DOHC 10,5:1 Pertamax Plus

Dikutip dari berbagai Sumber (wikipedia dll.)

Bahkan update terbaru bisa membuat anda tetap percaya dengan penggunaan premium untuk kendaraan anda. lihat saja informasinya…
Sekarang pertamina sudah tidak menggunakan timbal lagi ke bensin premium, sebagai penggantinya digunakan HOMC(High Octane Mogas Component) yg lebih ramah lingkungan. Jadi premium untuk saat ini sudah bebas timbal.

For Sumber http://www.migas-indonesia.com/index.php?module=article&sub=article&act=view&id=4381&print=1
Ini juga pesan buat anda yang suka membeli mobil build up…
Hati2 ada sedikit perbedaan antara perhitungan nilai oktan di Indonesia dg di Luar negeri, di kita nilai oktan hanya dari RON (Research octane number) nah klo di luar negeri rata2 makenya adalah perhitungan dari rata2 RON dan MON (motor octane number), misalnya nilai oktan 87-88 di Amerika sama aja ky nilai oktan 92++ di Indonesia,jadi klo yg beli kendaraan import ati2 aja, dan baca buku manualnya dg hati2.

Bagaimana??? apakah anda masih tetap memilih tanpa melihat spesifikasi kendaraan anda??? Semoga artikel ini bermanfaat ya…

 

 

Ref Info dan Pic:

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9432360

http://fiannation.wordpress.com/2008/05/21/kota-minyak-ngantri-minyak/

http://www.migas-indonesia.com/index.php?module=article&sub=article&act=view&id=4381&print=1

http://danangdk.blog.uns.ac.id/2010/04/20/rasio-kompresi-mesin-apakah-itu/

Majalah MotoDream

Serial Buku otomotif – 1001 Cara Bikin Motor Irit – Otomotif Group

http://www.kaskus.us/member.php?u=1546837

Mengatasi Accu tidak berfungsi atau lemah

Kadang terjadi dimana mobil kita gak bisa hidup karena akinya sudah tidak kuat. Seperti saat kita tinggal berpergian beberapa hari (4-7hari). Seolah2 kemampuan aki kita menguap beriring dengan waktu.

Nah disaat-saat seperti ini kita dapat menghidupkan kendaraan dengan dua cara :

1. Dengan Mendorong Mobil

2. Dengan Jumper aki

Mendorong Mobil

Cara dengan mendorong mobil dapat dilakukan jika terdapat space yang cukup,tenaga manusia yang cukup dan juga jika mobil anda bertransmisi manual.

Caranya dengan satu orang di posisi kemudi kemudian 2 orang atau lebih di belakang mendorong kendaraan. Orang pada posisi kemudi memposisikan kunci kontak pada posisi on,posisi transmisi masuk gigi 2 atau 3 dan pedal kopling diinjak full, Ketika kendaraan sudah mulai terdorong dan memiliki sedikit percepatan maka pengemudi melepaskan pedal kopling ..sehingga mobil menyala dan dibantu dengan Gas agar tidak mati. Biarkan mesin menyala hingga 10-20 menit. Apabila Sistem pengisian atau charging system anda baik maka setelah dipanaskan 10-20 menit itu aki sudah cukup untuk dapat starter. Namun jika ada masalah pada dinamo starter atau pada sistem charging maka tetap tidak akan dapat di starter.

Jumper Aki

Cara lain yang dapat dilakukan dan jauh lebih baik adalah dengan melakukan jumper aki. Apalagi mobil anda matic anda wajib memiliki cadangan kabel jumper di mobil anda.

jumper cable

Cara menjumper aki sangat mudah namun juga di sisi lain sangat berbahaya. Apabila dilakukan dengan metoda yang salah dapat merusak sistem kelistrikan mobil seperti charging sistem, ECU, dan Ignition.

Oleh karena itu kami jelaskan cara menjumper aki yang benar disini :

jumper aki

Jangan pernah menggabungkan kabel kepala atau terminal kabel jumper yang berbeda warna satu sama lain. Karena dapat menimbulkan arus pendek dan sangat panas

Langkah-langkah menjumper aki :

1. Hubungkan capit merah pada kutub positif (+)aki lemah

2. Hubungkan capit merah satu lagi pada kutub positif (+) aki bagus

3. hubungkan capit hitam pada kutub negatif (-) aki bagus.

4. Hubungkan capit hitam satu lagi pada body atau chasis atau plat di mesin yang memang disediakan oleh manufacturer untuk menjumper aki. Sebaiknya hindarkan menjepit langsung pada kutub negatif (-) aki rusak, untuk menghindari bahaya kebakaran yang mungkin timbul akibat perickan bunga api. Sebab gas yang dihasilkan oleh aki mudah terbakar.

5. Jika aki yang bagus juga menempel pada kendaraan, hidupkan kendaran tersebut.

6. Sekarang mobil dengan aki yang soak dapat dihidupkan. Apabila tidak ada masalah pada kabel dan dinamo starternya seharusnya mobil akan hidup. Jika terjadi percikan bunga api goyang-goyang capit kabel jumpernya agar menempel sempurna.

catatan: Jika mesin mobil mati seketika kabel jumper di cabut, kemungkinan ada kegagalan pada sistem charging mobil anda.

Sumber: http://www.tangomotor.com

Tips Sederhana Perawatan Mesin Mobil Diesel

Di jaman sekarang kendaran atau mobil yang irit dan efisien,awet dan handal sangat dicari..mobil bermesin diesel terkenal dengan irit bbm..tapi apabila tidak dirawat dengan benar jauh lebih mahal dari perbaikan mobil bensin.Apa saja yang perlu di perhatikan dalam merawat mobil berbahan bakar solar..
Disini akan saya berikan tips sederhana merawat mobil bermesin dieselagar tidak membuat anda merogoh kantong untuk perbaikan.
Ada beberapa tips dalam merawatnya:

-Cek olie mesin dan perhatikan kekentalannya.
Karena kerja mesin diesel lebih berat dari mesin bensin ini membuat olie mesin lebih ekstra dalam melumasi bagian-bagian yang bergesekan..

-Gantilah olie mesin tepat waktu.
Khusus untuk kendaraan angkutan seperti truk barang dan sejenis yang nonstop bekerja perlu di ganti setiap 20 hari sekali atau tergantung kerja mobil tersebut.
Untuk kendaraan ringan ikuti standar pabrikan..

-Filter olie..
Setiap anda mengganti olie mesin sebaiknya anda mengganti juga filter olie karena..kalau tidak diganti ada kemungkinan kotoran olie yang tertinggal didalam filter tersebut..

-Filter minyak..
Di sini termasuk bagian yang vital juga untuk mesin diesel
karena tangki bahan bakar tidak 100% bersih jadi setiap 15 hari atau tergantung kondisi daerah anda jika daerah berdebu usahakan 1 minggu sekali anda tap minyak di filter tersebut..

-Filter udara..
Ini bagian yang paling penting dalam mesin diesel karena kerja mesin diesel memampatkan udara bersih untuk pembakaran.Bila ini kotor atau sudah padat putaran mesin akan berat,mobil akan terasa tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Jadi usahakan anda cek setiap 1 minggu sekali,gunakan compressor untuk menyemprotnya.Ganti bila terlihat sudah waktunya.

-Bahan bakar
Perlu anda tahu di dalam pompa injeksi (injection pump) tidak ada pelumasan.Hanya minyak saja yang lewat di sana,jadi bagian yang bergesekan rentan aus.Untuk menjaga agar tidak cepat aus setiap anda mengisi bahan bakar penuh TAMBAH KAN OLIE SAE 10 atau pelumas khusus yang sudah banyak di jual untuk campuran bahan bakar.Ini berfungsi merawat pompa injeksi.

Demikian tips sederhana dalam merawat mesin mobil diesel,bila masih ada yang kurang diposting ini buat ahli mesin atau mekanik dapat menambahkannya di komentar agar pembaca dapat mengerti dan memahami dalam perawatan mesin diesel.
Semoga dapat bermanfaat dan membuka wawasan kita dalam perawatan mobil diesel.

Perawatan Mesin VW

Sesuatu yang terpenting dalam memiliki kendaraan VW terutama dari jenis klasik adalah perawatan mesinnya dan mengetahui dengan baik karakteristiknya.

Seperti kita ketahui bersama bahwa banyak sekali komentar yang menyatakan bahwa VW gampang sekali terbakar dan sangat rewel sehingga harus keluar masuk bengkel yang seharusnya tidak perlu terjadi.

Dari pengalaman saya pribadi memakai jenis kendaraan ini ternyata jenis kendaraan inilah yang paling simpel dan mudah perawatannya asal kita mau sedikit perduli dengan kondisinya.

Sesuatu hal yang wajar bila mobil bekas harus lebih telaten dalam pembenahannya mengingat rata-rata pemilik VW saat ini bukanlah pemilik pertama bahkan mungkin tangan ke 3,4 atau 5 sedangkan tahun pembuatannya relatif tua antara 50 s/d 80 sehingga bukan mustahil kondisi yang ada sangatlah buruk dan beragam tingkat kesulitannya seperti body yang sudah dimodifikasi, mesin yang asal bisa hidup dan yang paling sering dan riskan adalah kondisi jaringan kabelnya.

Oleh sebab itu mari kita tinjau dengan seksama kondisi kendaraan kita masing-masing dan bagi yang sudah oke anda boleh bersyukur bahwa anda telah memilih jenis kendaraan dari generasi “Hitech”, kalau tidak percaya coba kita tinjau kondisi-kondisi berikut :
Ciri yang paling khas adalah tanpa radiator dan perhatikan sirip kipas pendinginnya, bandingkan dengan sirip turbin.
Suspensi independent.
Beberapa jenis telah menerapkan rem cakram.
Stabiliser yang terpasang.
Two wheel drive (yang bergerak dua roda).
Torsi yang cukup besar untuk cc nya sehingga sangat baik untuk tenaga tanjakan.
Dsb.

Bandingkanlah dengan kondisi-kondisi mobil jepang saat ini terutama kendaraan kelas menengah yang rata-rata baru menerapkan kondisi-kondisi diatas pada era 80 an.

Selanjutnya saya akan coba membahas kondisi-kondisi yang paling sederhana tetapi bila diperhatikan akan terasa betapa pentingnya agar VW kita dapat beroperasi dengan baik , aman dan nyaman.
Biasakan mendengar suara mahal, istilah ini saya pakai mengingat bila terdapat jenis suara ini maka perbaikannya akan sangat mahal.
Biasakan memperhatikan lampu kontrol pada dashboard terutama lampu charge dan oli.

Kedua jenis parameter inilah biasanya yang sangat menentukan kelangsungan hidup VW anda sebab sangat berdampak kepada operasi mesin VW, coba kita bahas masing-masing kondisi yang biasanya saya lakukan sebelum saya berangkat mengndarainya.

Suara Mesin

Mungkin pada awalnya kita sama-sama berpikiran bahwa petunjuk suara ini adalah wewenangnya orang bengkel tetapi ternyata kita sendiripun bisa menganalisanya dengan baik.
Bila suara mesin anda terdengar tak..tak..tak.. yang berkelanjutan pada saat mesin konstan biasanya menunjukan adanya ketidak beresan pada metalan (main bearing) bahayanya tidak langsung muncul tetapi akan sangat riskan untuk perjalanan jauh dan satu-satunya perbaikan adalah turun mesin, jangan khawatir, bagi VW turun mesin tidaklah sesulit mobil lain, hari ini turun besok sudah selesai. Perlu jadi perhatian mesin konstan dimaksud adalah setelah mesin cukup panas untuk dioperasikan atau oli sudah merata maka dapat kita lihat betapa pentingnya proses pemanasan mesin sebelum pengoperasian sehari-hari dan boleh dibilang 3 menit pertama pemanasan adalah 3 menit kritis, bila lancar maka mudah-mudahan dapat beroperasi dengan baik sebab gejala vital dapat dirasakan pada menit-menit pertama tersebut.
Suara mahal lain yang mungkin muncul adalah sama seperti diatas hanya saja setelah kita menekan pedal gas maka putaran mesin akan meninggi dan pada saat putaran mesin turun akan terdengar suara tak..tak..tak..tak seperti diatas maka biasanya masalah terdapat pada pen piston anda, banyak hal yang menyebabkan hal tersebut dapat cepat terjadi antara lain tidak samanya berat connecting rod juga biasa disebut stang seher atau sockar ass atau tiang piston, mungkin saja pemilik lama pada saat menggantinya hanya sebagian atau dengan cara membubut sehingga selisih berat satu dengan yang lain cukup besar dan sangat berpengaruh kepada umur pen piston ini. Untuk kondisi pemakaian sehari-hari (daily) selisih beratnya maksimum 5 gr. dan untuk racing sekitar 0.5 gr. semakin kecil semakin baik (balance). Hal lainnya adalah sering menggeber dengan tarikan-tarikan pendek, ingat arsitektur mesin VW adalah T (piston bergerak horisontal) dan bukan in line seperti mobil lain maka tarikan panjangnya yang sangat baik (lain halnya untuk drag race). Sedang untuk racing diperlukan komponen mesin yang berbeda sehingga dapat mengeluarkan tenaga besar untuk track pendek, itupun tidak digeber dengan rummm..rumm..rumm (pendek-pendek).
Sedangkan suara klep yang kendor berupa tik..ketak..tak..tik..tik..ketak..tak..dan perlu diperhatikan kendor klep lebih baik dari kerapatan untuk hal ini akan dibahas berikutnya hanya saja secara standard saya biasa melakukan set keregangan klep 0.005 inch untuk dalam kota dan 0.006 inch untuk perjalanan panjang.

Demikianlah untuk tanda-tanda berupa suara yang mudah dikenali bahkan oleh orang awam sekalipun bila anda memakai knalpot yang suaranya kayak mobil balap ya.. terpaksa waktu meriksanya ditutup sebentar dengan sendal.. ok.

Lampu dashboard

Tanda-tanda lampu inipun sangatlah penting, mengingat VW standard tidak memiliki alat ukur temperatur dan juga alat ukur oli.

Bila lampu charge anda hidup ataupun lampu petunjuk oli anda hidup maka jangan sekali-kali melanjutkan perjalanan, sebab anda harus memeriksa hal-hal berikut :
Lampu charge berhubungan dengan dengan dinamo charge dan dinamo charge berputar dengan bantuan mesin yang dihubungkan dengan tali kipas. Maka hidupnya lampu charge ini dapat diakibatkan putus/lepasnya tali kipas oleh sebab itu hal ini yang pertama kali harus diperiksa, bila tali kipas dalam kondisi baik berarti hambatan ada pada dinamo charge, apakah kabelnya atau switch dinamo tidak bekerja dengan baik yang berakibat battery tidak terisi dengan baik dan ada kemungkinan anda sulit untuk start. Tetapi bila tali kipas yang putus maka jangan sekali-kali menghidupkan mesin sebab akan membuat mesin anda tidak saja jim tetapi hancur (ganti deh), bila tali kipas lepas sedangkan tali kipas cukup ketat berarti ada yang tidak beres dengan salah satu hal ini pulley,crank shaft ataupun fly wheel sehingga putarannya baling (tidak balance) dan melepas tali kipas dan kalau lepasnya karena tali kipas terlalu kendor, berarti tali kipas anda harus diganti. Hal tersebut yang paling sering terjadi secara umum.
Bila lampu petunjuk oli anda hidup maka anda harus memperhatikan hal-hal berikut, bila anda awam dengan mesin maka stop jangan mengendarainya lagi dan seretlah kebengkel terdekat (VW) sebab hambatannya biasanya harus diteliti oleh personil yang mengetahui konstruksi mesin VW. Lampu ini menunjukan tidak adanya oli yang mengalir melalui switch berarti banyak hal yang mungkin terjadi antara lain oli kurang/habis,pompa oli tidak bekerja dengan baik,oil releave valve tidak bekerja sehingga oli macet, dsb. Oleh sebab komponennya berada di dalam mesin maka tidak perlu repot-repot nyari masalah, ingat hal ini biasanya terjadi pada VW yang tidak pernah dirawat mesinnya atau nanganinnya setengah-setengah. Sedangkan bila lampu oli bekerlip (flickering), biasanya valve oli kotor dan cara membersihkannya akan dibahas selanjutnya (gampang kok). Hal lainnya yang menyebabkan hidupnya lampu petunjuk oli adalah kurangnya oli didalam mesin oleh sebab itu pemeriksaan oli harus dilakukan secara rutin sesuai kesanggupan anda dan ada hal khusus yang harus diperhatikan dalam hal ini yaitu :
Bila oli cepat berkurang, tetapi tidak ada kebocoran (mesin bersih), maka kemungkinan besar adalah oli ikut terbakar berarti terdapat ring piston yang sudah rusak ataupun dinding boringnya yang sudah termakan atau stelan klep yang tidak paspun dapat menyebabkan ikut terbakarnya oli.
Bila oli cepat berkurang dan mesin kotor dengan oli (biasanya dibagian bawah), berarti ada kebocoran baik dari sisi packing ataupun dari tempat pembuangan oli yang biasanya cepat aus drat bautnya (jangan mengganti oli saat mesin panas, lakukan dipagi hari sebelum mesin dihidupkan). Bagi saya pribadi, biasanya penggantian oli saya lakukan dengan melakukan tune-up komplit (ganti busi,platina,cuci karburator,saringan udara,stel klep,stel pengapian) dan untuk hal ini masih dalam proses penulisan, ijinkan saya berbagi pengalaman dengan anda.

Demikianlah kondisi-kondisi yang harus diperhatikan yang berkaitan dengan mesin VW anda dan keterangan diatas saya berikan berdasarkan pengalaman sehari-hari saya sebagai pemilik VW dan bukan sebagai mekanik bila terdapat kekurangan maka kritik yang membangun sangat saya harapkan.

PENTING…………untuk diperhatikan “Rajinlah memeriksa level oli (continue) dalam arti kata lakukan secara rutin dan tidak perlu setiap kali (jangan jadi habit)” mengingat pentingnya oli pada mesin berpendingin udara.

Tip Memilih Shockbreaker

CEK PERMUKAAN DENGAN TELITI

Cara kerja suspensi mobilCara kerja suspensi mobil

Perhatikan seluruh permukaan peredam kejut, apakah terdapat sejumlah titik cacat yang bisa saja hasil pengelasan. Biasanya bekas titik pengelasan guna perbaikan bagian dalamnya kemudian dihaluskan dengan gerinda sebelum kembali dicat.

TELITI PERMUKAAN CAT

Harus teliti boss...Harus teliti boss…

Perhatikan pula cat pelapis shockbreaker itu. Karena, cat atau krom asli sangat sulit mengelupas karena tebal. Apabila terkelupas pun yang terlihat adalah logam bukan lapisan cat lain.

CIUM DAN RASAKAN BAUNYA

vespa-shockabsorber-p200evespa-shockabsorber-p200e

Rasakan pula apakah tercium bau cat. Kini terdapat pula cat semprot berwarna silver serupa dengan krom. Karena itu mungkin saja peredam kejut bekas dicat ulang, supaya nampak seperti produk baru. Waspadai pula karena untuk menghilangkan aroma cat baru, produk itu disemprot dengan vernis yang relatif tak menyebarkan bau.

PERHATIKAN RELIEF HURUF / KODE
Perhatikan cetakan relief huruf, merek atau kode pada bodi shockbreaker. Untuk peredam bekas, kode atau merek pasti tak tertutup lapisan cat baru. Lalu, cermati pula stikernya. Peredam baru stikernya tidak buram, tidak pula kusut dan harus melekat sempurna.

PERHATIKAN LUBANG BAUT

ShockbreakerPerhatikan lubang baut

Cek lubang baut di bagian bawah peredam. Bila barang bekas, cat pada lobang bautnya pasti terkelupas. Untuk mengesankan sebagai produk baru, biasanya bagian ini dihaluskan dan didempul sebelum dipoles cat baru. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, korek saja bagian itu dengan kuku. Jika tampak bekas dempul sudah dipastikan produk ini adalah barang bekas.

PERHATIKAN BATANG SHOCK
Selanjutnya periksalah batang tengah shockbreaker. Pastikan tidak ada goresan, jika nampak sejumlah luka berarti sokbeker itu sudah sering naik-turun menahan beban atau dengan kata lain sudah pernah digunakan.

PERHATIKAN ULIRNYA

Perhatikan UlirnyaPerhatikan Ulirnya

Ulir di batang shockbreaker juga tak boleh luput dari pemeriksaan Anda. Ulir shockbreaker yang dipoles ulang biasanya memiliki ujung drat yang tak rapi, karena dibubut ulang.

PERHATIKAN WARNA BATANGNYA

Cek warna batang shockbreaker. Jika tampak kebiruan, itu disebabkan panas akibat gesekan ‘naik-turun’ antara batang dan seal shockbreaker. Sehingga batang tak lagi tampak mengkilat.

CEK KERJA SHOCK

Tarik dan tekan batang shockbreaker. Pastikan jalannya batang tidak tersendat-sendat. Karena jika terjadi sendatan itu berarti ada udara di dalamnya. Dan, kalau itu terjadi, maka hanya ada dua kemungkinan, sokbeker bekas atau peredam rusak. Sementara, pada batang tengah tak boleh ada goresan atau gerus tipis. Jika Anda menemui tanda-tanda ini, berarti batang tersebut telah berkali-kali ‘naik-turun’ alias sudah pernah terpakai

BEDAKAN JENIS SHOCK, Double Atau Single Action

1159232020picctPegang shockbreaker pada posisi tegak lurus. Setelah itu ditarik dan tekan beberapa kali secara perlahan. Kemudian, tekan secara tiba-tiba. Bila ada tahanan atau gerakannya lambat namun tak tersendat, berarti shockbreaker itu jenis double action. Bila tak ada tahanan atau bergerak terus, berarti single action.

BEDAKAN JENIS SHOCK, Gas atau Oli

Cara yang sama dengan yang di atas, bisa dilakukan untuk membedakan shockbreaker berisi oli atau gas. Peganglah shockbreaker tersebut sampai habis (panjang minimum), kemudian lepaskan. Jika shockbreaker memanjang lagi, berarti itu shockbreaker tipe gas. Tapi bila tidak, itu adalah berjenis oli.

HARGA

Yang terakhir, curigai masalah harganya. Jika bisa ditawar terlalu ‘anjlok’, maka bisa jadi itu adalah barang ‘beru’. Biasanya shockbreaker ‘beru’ tersebut malah banyak tersedia di toko khusus shockbreaker. Sebab, mereka punya bengkel dan peralatan sendiri. Sehingga, jika konsumen kembali ke toko karena shockbreaker yang baru dibelinya bermasalah, mereka bisa langsung bisa mengatasinya. Agar tetap nyaman dan aman, shockbreaker yang sudah tak berfungsi harus segera diganti. Penggantian tak selalu didasarkan pada faktor masa pakai kendaraan saja. Tapi bisa saja terindikasi dari kondisi ban. Jika ban mengalami kebotakan yang tak merata, maka mungkin shockbreaker sudah tak berfungsi lagi.
Itulah beberapa Tips memilih Shockbreaker, semoga bermanfaat untuk sobat-sobat..

Posted in Tip. 1 Comment »

Tabel Oktan Dan Kompresi

Tabel Oktan Dan Kompresi
Jenis Bahan Bakar Octane Number Kompresi
Premium 88 7:1-9:1
Pertamax 92 9:1-10:1
Pertamax Plus 95 10:1-11:1

Suzuki
Jenis Mobil Rasio Kompresi BBM Yang Dianjurkan
Swift 9,5:1 Pertamax
Grand Vitara 10,5:1 Pertamax Plus
Grand Escudo XL-7 9,5:1 Pertamax
Escudo 2.0 9,3:1 Premium/Pertamax
Escudo 1.6 9,5:1 Pertamax
Baleno 9,5:1 Pertamax
Aerio 9,5:1 Pertamax
APV 9,0:1 Premium/Pertamax
Karimun 8,8:1 Premium
Katana 8,8:1 Premium
Carry 1.5 8,9:1 Premium
Carry 1.0 8,9:1 Premium
Carry 1.3 9,0:1 Premium
Esteem 1.6 GT 9,5:1 Pertamax
Side Kick 8,9:1 Premium
SX-4 10,5:1 Pertamax Plus
Honda
Jenis Mobil Rasio Kompresi BBM Yang Dianjurkan
Jazz I-Dsi 10,4:1 Pertamax/Pertamax Plus
Jazz V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus
City I-DSi 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
City V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus
Stream 1.7 9,5:1 Premium/Pertamax
Stream 2.0 9,4:1 Premium/Pertamax
Toyota
Jenis Mobil Rasio Kompresi BBM Yang Dianjurkan
Starlet XL 1.000 cc 9,3:1 Premium/Pertamax
Starlet SE 1.3 9,5:1 Pertamax
Twin Cam 9,5:1 Pertamax
Great Corolla 9,5:1 Premium/Pertamax
Avanza 11:1 Pertamax Plus
Yaris 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Innova 2.0 9,8:1 Pertamax
Innova 2.7 9,7:1 Pertamax
Nissan
Jenis Mobil Rasio Kompresi BBM Yang Dianjurkan
X-Trail 2.0 9,9:1 Pertamax
Terano 8,3:1 Premium
Livina 1.5L 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Livina 1.8L 9,9:1 Pertamax
Sentra Genesis 9,3:1 Pertamax
Cefiro 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Daihatsu
Jenis Mobil Rasio Kompresi BBM Yang Dianjurkan
Xenia EJ (vvti) 11:1 Pertamax Plus
Terios 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus
Taruna EFI 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Sirion 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus Ceria 9,5:1 Pertamax
Mitsubishi
Jenis Mobil Rasio Kompresi BBM Yang Dianjurkan
Eterna DOHC 9,8:1 Pertamax/Pertamax Plus
Eterna SOHC 8,5:1 Premium
Lancer DOHC 10,5:1 Pertamax Plus

Bahan Bakar dan Oli

 

 

 

 

 

 

BENSIN
Sifat utama dari bensin
Bensin adalah bahan bakar yang digunakan pada mesin dengan pengapian busi. Sifat-sifat yang dimiliki bensin adalah :
• Mudah menguap pada temperatur normal
• Tidak berwarna, tembus pandang, dan berbau
• Mempunyai titik nyala rendah (-10°C sampai –15°C)
• Mempunyai berat jenis yang rendah (0,6 – 0,78)
• Dapat melarutkan oli dan karet
• Menghasilkan jumlah panas yang besar (9.500 – 10.500 kcal/kg)
• Sedikit meninggalkan carbon setelah dibakar

Syarat-syarat bensin
Kualitas berikut ini diperlukan oleh bensin untuk memberikan kerja mesin yang maksimal :
• Mudah terbakar
• Mudah menguap
• Tidak beroksidasi dan bersifat pembersih

Nilai oktan
Nilai oktane (octane number) atau tingkatan dari bahan bakar adalah mengukur bahan bakar bensin terhadap anti-knock characteristic. Bensin dengan nilai oktan tinggi akan tahan terhadap knocking dibanding dengan nilai oktan rendah.. Ada dua cara yang digunakan untuk mengukur nilai oktan : research method dan motor method
Yang paling umum digunakan adalah research method, dan spesifikasi nilai oktannya dengan metoda ini ditetapkan dengan istilah “RON” (Research Octane Number)

Nilai oktan adalah perbandingan antara Iso octane dengan Normal heptane

BAHAN BAKAR DIESEL

Sifat utama bahan bakar diesel
Bahan bakar diesel juga disebut light oil atau solar, adalah suatu campuran yang telah didistilasi setelah bensin dan minyak tanah dari minyak mentah pada temperatur 200°C sampai 340°C.

Solar mempunyai sifat utama sebagai berikut :
• Berwarna sedikit kekuning-kuningan dan berbau
• Encer dan tidak menguap pada temperatur normal
• Mempunyai titik nyala tinggi (40°C – 100°C)
• Terbakar sendiri pada suhu 350°C (bensin pada 500°C)
• Mempunyai berat jenis 0,82 – 0,86
• Menimbulkan panas yang besar (10.500 kcal/kg)
• Mempunyai kandungan sulfur yang lebih besar

Syarat-syarat solar
Kualitas berikut ini diperlukan oleh solar untuk memberikan kerja mesin yang maksimal :
• Mudah terbakar
• Tetap encer pada suhu dingin (tidak membeku)
• Mempunyai daya pelumasan
• Kekentalan yang sesuai
• Kandungan sulfur sekecil mungkin
• Stabil (tidak berubah dalam kualitas)
Nilai cetane (cetane number)
Nilai cetane (cetane number) atau tingkatan dari bahan bakar solar adalah satu cara untuk mengontrol bahan bakar solar dalam kemampuan untuk mencegah terjadinya knocking. Solar dengan nilai cetane tinggi akan tahan terhadap knocking dibanding dengan nilai cetane rendah.
Nilai cetane adalah perbandingan antara normal cetane dengan  (alpha) methyl naptalene

PELUMAS

OLI MESIN

 Sifat utama oli mesin

Oli mesin harus mempunyai sifat-sifat sebagai berikut :
• Sebagai pelumasan
• Bersifat pendingin
• Sebagai perapat
• Sebagai pembersih
• Sebagai penyerap tekanan

 Syarat-syarat oli mesin

Oli mesin harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
• Harus mempunyai kekentalan yang tepat
• Kekentalan harus stabil terhadap pengaruh suhu
• Oli mesin harus sesuai dengan penggunaan metal
• Tidak merusak (anti karat) terhadap komponen
• Tidak menimbulkan busa

 Jenis oli mesin

• Klasifikasi kekentalan

Kekentalan menunjukkan kemampuan mengalir dari suatu cairan. Oli cenderung menjadi encer dan mudah mengalir ketika panas dan cenderung menjadi kental dan susah mengalir ketika dingin.
Kekentalan dari oli dinyatakan oleh angka yang disebut indek kekentalan. Indeknya rendah olinya encer, indeknya tinggi olinya kental.
Suatu badan internasional SAE (Society of Automotive Engineer) adalah badan yang menentukan standar kekentalan dari oli.

• Kekentalan indek

– Oli dengan kekentalan indek rendah berarti kekentalannya rendah
– Oli dengan indek kekentalan 10W-30 disebut multi grade, kekentalannya tidak terpengaruh oleh perubahan temperatur / musim dan dapat digunakan sepanjang tahun
– Indek kekentalan yang diikuti oleh huruf “W” menunjukkan kekentalan pada temperatur –20°C, sedangkan yang tidak menggunakan huruf “W” menyatakan kekentalan pada temperatur 100°C

• Klasifikasi kualitas

Kualitas oli mesin diklasifikasikan sesuai dengan standar API (American Petroleum Institute). Klasifikasi oli mesin untuk mesin bensin ditunjukkan dengan huruf depan “S” (SA, SB, SC, SD, …dst). Klasifikasi oli mesin untuk mesin diesel ditunjukkan dengan huruf depan “C” (CA, CB, CC, CD, …dst). Semakin besar huruf belakang semakin baik kualitas oli tersebut (oli dengan grade CD lebih baik dari oli dengan grade CC).

GEAR OIL (OLI RODA GIGI)

 Syarat-syarat oli roda gigi

Oli roda gigi harus mempunyai syarat-syarat sebagai berikut :
• Kekentalan yang sesuai
• Mempunyai kemampuan memikul beban
• Tahan terhadap panas dan oksidasi

 Tipe oli roda gigi

• Klasifikasi dalam kekentalan

Pada umumnya oli roda gigi dibagi menjadi 6 indek kekentalan SAE (75W, 80W, 85W, 90, 140, 250). Khusus untuk kendaraan Phanter menggunakan SAE 40 untuk transmisi, SAE 140 untuk differential. Transmisi dan differential umumnya menggunakan SAE 90 atau 80W-90

• Klasifikasi dalam kualitas dan penggunaan

Kualitas oli roda gigi diklasifikasikan sesuai dengan standar API (American Petroleum Institute). Klasifikasi oli roda gigi adalah GL (Gear Lubrication). Semakin besar angka belakang semakin baik kualitas oli tersebut (gear oil GL1 lebih jelek dari gear oil GL2).
Pada umumnya, gear oil GL4 digunakan untuk melumasi steering gear, gear oil GL4 atau GL5 digunakan untuk transmisi manual, gear oil GL5 digunakan untuk differential tipe hypoid gear

GEMUK

Gemuk adalah pelumas padat yang terbuat dari pelumas cair (oli) yang mempunyai bahan pengental (thickening agent)
Ada dua tipe utama dari bahan pengental : a metalic soap dan a non soap, tipe yang umum digunakan adalah a metalic soap

 Sifat utama dari gemuk

Gemuk memiliki beberapa sifat yang tidak dapat dilakukan oleh oli

1. Keuntungannya
• Pelumasannya tahan lama.
• Mencegah menempelnya kotoran atau air
• Mempunyai daya tahan terhadap beban tinggi

2. Kerugiannya
• Gemuk lebih sulit dalam penanganan (penggantian dan pengisian).
• Mempunyai tahanan gerak besar.
• Kemampuan pendinginan rendah (tidak mengalir)
• Sulit untuk membersihkan kotoran

Tipe gemuk

Uraian berikut ini hanya berisi sebagian kecil dari tipe gemuk yang biasa digunakan untuk melumasi chassis, bearing roda dan joint-joint dari suspensi

• Gemuk untuk chassis

Pada umumnya ada 2 tipe gemuk yang digunakan pada chassis.

1. Lithium Soap Base Multi Purpose Grease (NLGI # 1)
Gemuk ini tahan terhadap air dan panas yang penggunaannya ditempatkan dimana gerakannya kontinyu, seperti :
– Kopling (Clutch) – Shackle pin – Propeller shaft
– Steering linkage – King pin

2. Molybdenum Disulfide Lithium Soap Base Grease (NLGI # 2)
Gemuk ini biasa disebut gemuk chassis “special” atau long life dan digunakan dalam area yang tahan tekanan tinggi, seperti :
– Kopling (Clutch) – Constant velocity joint
– Ball joint – Rack and pinion steering gear
– Suspension arm

NLGI # 2 : National Lubrication Grease Institute, mempunyai spesifikasi indek yang tetap untuk gemuk, angka yang ditunjukkan besar berarti gemuk lebih kental

• Gemuk bantalan roda

Gemuk yang dipakai untuk bantalan roda adalah Lithium Soap Base Multi Purpose Grease (NLGI # 1). Karakteristik yang diperlukan gemuk bantalan roda adalah sebagai berikut :
– Gemuk harus tahan panas karena temperatur pada wheel hub bisa mencapai 130°C
– Mempunyai kestabilan oksidasi dan tahan lama
– Tahan terhadap kerusakan dan karat

Tindakan pencegahan berikut ini harus dilakukan untuk menjamin keuntungan dari penggunaan gemuk:
• Membersihkan dan mengeringkan bantalan
• Dalam mengisi gemuk pada wheel hub jangan berlebihan
• Jangan mencampur gemuk bantalan roda dengan gemuk lain
• Menjauhkan gemuk dari kotoran

MINYAK TRANSMISI AUTOMATIC (ATF)

Automatic Transmission Fluid (ATF) adalah minyak berkualitas tinggi, dengan bermacam-macam bahan tambahan. Dalam penggunaannya ATF digunakan oleh transmisi automatic dan power steering

 Syarat-syarat ATF

Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh ATF adalah sebagai berikut :
• Kekentalannya sesuai
• Stabil terhadap panas
• Tidak berbusa
• Koefisien gesek sesuai

 Tipe ATF

Pada umumnya tipe ATF yang digunakan adalah tipe DEXRON II

MINYAK REM (BRAKE FLUID)

Minyak rem adalah cairan yang tidak mengandung minyak bumi yang sebagian besar terdiri dari alkohol dan susunan kimia dan ester.

 Persyaratan kualitas minyak rem

Syarat-syarat yang harus dimiliki oleh minyak rem adalah :
• Titik didih yang tinggi
• Mencegah karat
• Viskositas yang tepat

 Tipe minyak rem

Minyak rem mempunyai 4 klasifikasi FMVSS (Federal Motor Vehicle Safety Standar). Kesemuanya ini didasarkan oleh titik didih, Dan yang menentukan ini adalah DOT (Departement Of Transportation)

Type
Item DOT3
(SAE J1703) DOT4 DOT 5 SAE J1702
Boiling point (°C) 205 keatas 230 keatas 260 keatas 150 keatas

 Tindakan pencegahan dalam penanganan minyak rem

• Jangan mencampur minyak rem
• Jangan tercemar dengan air
• Jangan tercemar dengan oli atau penbersih oli
• Simpan minyak rem di tempat yang sesuai

SEALANT (FORMED IN PLACE GASKET / FIPG)

FIPG adalah perekat setengah padat yang pada umumnya terbuat dari silicone atau acrylate yang mengeras pada temperatur ruangan.

Berikut ini kelebihan gasket FIPG :
• Melekat pada semua permukaan yang rata
• Gampang dalam pembentukan gasket
• Mudah dalam penyimpanan

 Syarat-syarat FIPG

• Elastisitasnya baik
• Melekatnya kuat
• Kekentalannya tidak berubah walau ada perubahan suhu
• Harus mudah dibersihkan

 Tipe FIPG

• Three Bond 1280 : sistem pelumasan (oil pan)
• Three Bond 1282B : sistem pendinginan (water pump)
• Three Bond 1281 : transmisi manual
• Three Bond 2403 : perapat baut

 Penanganan dan pencegahan FIPG

• Bersihkan area yang akan dipasangkan FIPG
• Gunakan FIPG yang sesuai
• Dibutuhkan waktu 1 sampai 2 jam agar FIPG mengering

ZAT ANTI BEKU

 Sifat utama zat anti beku

• Mempunyai titik beku dibawah air pendingin
• Mencegah karat pada sistem pendingin
• Tidak berefek pada kemampuan radiasi panas air pendingin
• Tidak merusak komponen yang terbuat dari karet
• Kekentalan tetap efektif tanpa terpengaruh pada temperatur
• Reaksi kimianya stabil, dan Tidak mudah menguap
• Tidak mudah berbusa

 Penggunaan zat anti beku

• Radiator yang terbuat dari alumunium diperlukan zat anti beku yang spesial untuk mencegah karat pada radiator.
• Untuk negara tropis penggunaan zat anti beku tidak terlalu penting
• Sebelum menambah zat anti beku periksa sistem pendinginan terhadap karat dan kebocoran

Tip membeli mobil bekas

*JANGAN PERNAH MAU UNTUK MELIHAT MOBIL DI SUATU TEMPAT YANG DITENTUKAN PENJUAL (misalnya ketemuan di tengah2). SELALU HANYA LIHAT MOBIL DI LOKASI KEDIAMAN PENJUAL atau SHOWROOM. hal ini dimaksudkan untuk mengurangi resiko bahwa mobil itu dulunya ada track record yang buruk, atau bahkan mobil curian atau alat kejahatan, dsb. Kalau penjual bersikeras untuk ketemu di suatu tempat, mending langsung say good bye aja & ga perlu buang2 waktu. Lagipula ga ada salahnya berkorban a few Quids untuk jauh2 liat mobil ke alamat, daripada di kemudian hari menyesal.

*Sebelum pembicaraan berlanjut, terlebih dahulu cek keabsahan mobil tersebut. Cek STNK, BPKB, faktur (kalo mobil CBU), akta jual beli (kalo mobil lokal / CKD), TNKB. Semuanya harus asli, tanpa terkecuali.

*Cek data2 yang terdapat di surat2 di atas, sama yang tertera di mobil, misalnya No rangka & no mesin pada STNK & BPKB harus sesuai satu sama lainnya, juga harus sesuai dengan yang tertera di mobil.

*Kalo ada kecurigaan mengenai keabsahan no rangka atau no mesin, segera tinggalkan mobil itu… ingat, intuisi selalu benar… ciri2nya bisa diperhatiin : no rangka yang “buatan” atau “tambalan” pasti kalo diraba sekelilingnya ada semacam “bekas las2an”, walaupun udah dicat lagi tapi tetep aja ada perbedaan kontiur permukaanya. No rangka yang asli akan sejajar sama sekelilingnya.

*Cek kondisi identitas mobil sesuai dengan yang tertera di halaman 1 BPKB. abpabila diketahui ada perbedaan identitas tanppa ada keterangan di BPKB (misalnya warna asli item berubah jadi silver, aslinya 4 pintu jadi 2 pintu, dll), ga usah buang2 waktu & segera tinggalkan tempat itu.

INGAT, keabsahan administrasi & legalitas sebuah mobil adalah yang paling penting. Ada pelanggaran satu pun, segera tinggalkan mobil itu. Mau si penjual mengutarakan alasan apapun, ga usah didengerin.

*Bagian bodi & chassis mobil. Liat dengan seksama apakah ada karat di bagian chassis… cara paling gampang untuk deteksi karat adalah liat di bagian lis kaca depan-samping-belakang, di bawah bagasi (tempat ban serep) dan di kolong mobil.  Kalo ada karat berarti bisa dipastikan pemilik sebelumnya jorok, dan atau mobil itu pernah kena benturan yang membuka lapisan logam & merusak lapisan anti karat, yang akan rentan berkarat.

*Usahakan mencari mobil dengan bodi yang utuh & orisinil, tanpa modifikasi apapun, dan pehatiin “nut” (lekukan) bodi harus masih lurus. Usahakan pula mencari mobil yang cat nya masih orisinil, karena sejujurnya, lebih baik beli mobil yang cat nya udah usang atau kusam tapi omasih orisinil, ketimbang cat nya mengkilap tapi sudah repaint. karena kalo untuk repaint, kita harus tau dengan mata kepala kita sendiri bagaimana hasil kerjanya.

*Oke lah kalo masih bersikukuh dengan cat repaint. Fine, nothing wrong with that. Tapi pastikan warna setelah repaint sama persis atau similar dengan warna aslinya. Hal ini akan berkaitan dengan keabsahan STNK. Jangan pernah ambil mobil yang warna asli & warna repaint nya beda tanpa ada keterangan di BPKB.

*Mesin, usahakan kondisi mesin masih prima, keempat silinder masih bekerja dengan baik dengan pressure yang sama (diukur pake pressure gauge lewat lobang busi). Pengapian (koil & kabel busi) dalam kondisi baik. Cek juga kebocoran yang ada apabila ruang mesin keliatan “basah” oli. Kebocoran di ruang mesin biasanya disebabkan :
1. gasket (paking) antara silinder sama kepala silinder, karena di sambungan ini ada jalur oli dari crankshaft di crankcase untuk disirkulasiin melalui klep kembali lagi ke crankcase. Kalo ini ada kebcoran, berarti harus turun mesin 1/2 untuk ganti gasket cylinder + gasket head + seal klep.
2. gearbox. kebocoran gearbox harus diliat dengan cara ngolong, yaitu liat di bagian antara sambungan gearbox sama rumah kopling. kebocoran biasanya terjadi karena gearbox gasket yang udah jelek, karena selama ini males ganti oli transmisi manual (untuk mobil M/T), jadi gearbox menahan panas & getaran hanya dilindungi oleh oli yang tua & udah jelek.
3. pompa & selang power steering. pompa power steering jarang bocor (kecuali kalo pemilik sebelumnya kebangetan sampe oli power steering nya kering). Yang paling sering menyebabkan kebocoran adalah selang power steering yang ada 2 jenis : hi-pressure & low-pressure. kalo bocor, ya harus ganti selang power steering.
4. master rem. kalo yang ini biasanya disebabkan karena seal master rem ya udah getas & jelek, sehingga udah ga kuat nahan tekanan hidraulik dari minyak rem. Kalo udah begini, solusi yang paling bijaksana adalah ganti master rem, daripada cuma diakalin ganti seal malah ga maksimal… inget ini rem, menyangkut nyawa… mendingan mobil ga bisa jalan daripada ga bisa ngerem..

*Transmisi, untuk transmisi manual, pastiin kopling masih bekerja dengan baik. caranya adalah masukin gigi 1 pada kondisi diam, lalu injek rem dalem, sambil dilepas koplingnya… kalo mobil perlahan2 mati sembari ada gaya tolak mobil ke depan, berarti kopling masih berfungsi dengan baik. permasalahan palingan pada kampas kopling + matahari yang udah mulai abis, so it should be a general replacement. FYI, umur kopling bisa sampe 50-60rb km. Cek juga bushing transmission lever… pas gearshift lever ada di posisi netral, gerak-gerakin ke kiri & ke kanan. seharusnya ga boleh ada gerakan oglak-oglek. Kalo oglak-oglek, berarti bushing transmisinya udah jelek.

Untuk transmisi matic, awalnya tanya dulu sama pemiliknya, setiap berapa km dia ganti oli matic, dan setiap berapa km dia kuras oli matic, dan pake ATF apa??? kalo si penjual keliatan bingung jawabnya, atau keliatan ga ngerti interval yang baik, segera tinggalin tempat itu karena anda cuma akan dapat masalah di transmisi matic nya. Kunci dari gimana transmisi matic bisa awet adalah kesadaran dari pemilik atas pentingnya ATF. FYI, interval penggantian oli ATF adalah 10-15rb km, dan untuk kuras oli matic sekitar 20rb km.

*Wiring & kelistrikan. Usahakan hanya cari mobil yang wiring & kelistrikannya masih standar & ga pernah dimodifikasi dengan cara apapaun. Karena kalo udah bermasalah, akan setengah mati nyari sumber failure nya, harus ngurut kabel, dan beresiko jadi pemicu korsleting & keabakaran pada kabel yang terkelupas atau kebuka sambungannya.

*Kaki-kaki & suspensi. pertama cek shockbreaker. shock yang udah jelek pasti ada semacam leleran oli, itu tandanya shock udah bocor. gejalanya adalah mobil jadi lebih rendah dan jadi ajrut2an pas dibawa. yang kedua, pas test ngebut, coba direm. kalo pedal rem + setir jadi bergetar, berarti piringan cakram rem depan bergelombang & ga rata, biasanya disebabkan karena kampas rem yang udah tipis masih dipaksa untuk ngerem, akibatnya justru menggerus permukaan cakram.

sebetulnya ada cara yang lebih gampang untuk cek kaki2. mobil yang kaki2nya masih bagus, tingkat keausan ban di keempat rodanya pasti similar. karena itu, hindari ambil mobil yang ban nya lain2 merek antara depan-belakang-kiri-kanan, karena itu jadi indikator bahwa ada yang ga beres dengan kaki2nya. SELALU hanya ambil mobil yang keempat bannya sama persis, baik dari merek, ukuran, tingkat keausan, kode produksi, dll.

Okay, I don’t know shits about cars, nothing about engines, nothing about gearbox, and so. What should I do to avoid dodgy-crappy car??? Kalo kondisinya gini, spare lah sekitar 100rb sampe 200rb untuk bawa mobil itu ke BeRes Hyundai, bilang : “mas minta general check soalnya ini mobil second, sama sekalian cek apa aja yang udah harus ganti atau ada kerusakan apa.” Ingat, penjual yang baik ga akan keberatan diajak ke BeRes untuk inspeksi mobilnya.. penjual yang enggan atau keliatan keberatan, boleh dicurigain nyembunyiin sesuatu.

Posted in Tip. 4 Comments »

Kiat Mengendarai Mobil Matic

Banyak orang yang merasa mahir dalam menggunakan transmisi otomatis padahal dasar-dasar penggunaan transmisi ini belum 100% ia pahami, sehingga ia tidak mau bertanya lagi kepada orang sekitar yang sudah mengerti agar ia tidak dikira orang yang belum mengerti tentang transmisi otomatis. Pada dasarnya penggunaan transmisi otomatis hampir sama dengan transmisi manual. Yang membedakannya ialah kehadiran kopling pada transmisi manual. Cara-cara aman sebelum menjalankan mobil ber-transmisi otomatis sebagai berikut:

1. Sebelum memutar kunci kontak pastikan tuas transmisi berada pada posisi “P” (Tetapi biasanya transmisi otomatis modern memiliki teknologi yaitu, kunci kontak tidak dapat di cabut kalau tuas belum berada di posisi P).
2. Putar kunci kontak pada posisi “ON” sebelum di putar lagi hingga posisi “Start” biasanya mobil-mobil modern memiliki ECU (Electronic Control Unit) atau biasa disebut otak komputer pada mobil. Tugas ECU ini sebelum mobil menyala adalah menyiapkan perangkat-perangkat pada mesin mobil seperti ABS, Radiator, AirBag dll melalui lampu indokator yang terdapat pada dashboard mobil. Setelah lampu indikator padam (tunggu beberapa detik) baru anda dapat memutar kunci kontak ke posisi “Start” sampai mesin mobil hidup.
3. Setelah mesin mobil menyala dan anda akan berangkat pastikan anda menginjak pedal rem hingga penuh setelah itu baru anda geser tuas ke posisi “R” untuk mundur atau “D” untuk maju. Hal ini harus dilakukan agar tuas dapat digeser (standard keamanan dari pabrik).
4. Setelah digeser keposisi “D” atau “R” lepas pedal rem dari injakan kaki anda. Setelah anda lepas pedal rem selanjutnya anda nonaktifkan parking brake.
5. Setelah mobil berjalan pada posisi “D” perhatikan lampu indiaktor yang bertuliskan O/D (ada beberapa mobil yang mengaplikasikan teknologi ini ada pula yang tidak.
6. Bila dalam perjalanan anda menemui halangan yang membuat anda berhenti cukup lama (Seperti lampu merah) usahakan menggeser tuas ke posisi “N”. Hal ini dilakukan untuk menghemat kopling dan BBM.
7. Pada mobil Daihatsu Terios terdapat huruf “L/1″ posisi itu gunanya untuk melahap jalanan menanjak. Ibaratnya bila pada transmisi manual ini disebut gigi 1.
8. Sebelum membawa mobil ke jalan raya, pastikan anda dapat memperkirakan luaran tenaga sesuai injak pedal gas agar mobil dapat dikendalikan dengan aman.

Tabel Penggantian Oli

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klik Tabel  untuk memperbesar.